Cara Memeriksa Daya Baterai dan Lampu Status di iPod Shuffle

Cara Memeriksa Daya Baterai dan Lampu Status di iPod Shuffle

Kini iPod hadir dengan versi yang baru yakni iPod Shuffle. iPod jenis ini hadir dengan 4 generasi yakni generasi 4, generasi 3, generasi 2 dan generasi 1. Nah bagi yang masih bingung ketika menghidupkan iPod jenis ini, Anda sebenarnya jika bisa memeriksa lampu status agar bisa mengetahui perkiraan dari daya baterai dan informasi lainnya. Berikut caranya berdasarkan generasinya.

1. Generasi ke-4

Pada penjelasan yang pertama kali ini akan menjabarkan mengenai cara yang bisa Anda gunakan untuk memeriksa daya baterai yang ada pada generasi ke 4. Selain itu Anda juga dapat melihat lampu status atau menggunakan Voice Over. Cara memeriksa lampu status ada di penjelasan berikut.

● Lampu status ketika iPod tersambung ke komputer jika berwarna hijau maka artinya adalah daya sudah penuh. Warna oranye terang dapat diartikan sedang mengisi daya. Sedang jika berkedip oranye maka perangkat diselaraskan pada iTunes atau juga sedang dipakai untuk disk.
● Lampu status ketika iPod tidak tersambung, warna hijau tanda jika daya iPod pada 50% hingga 100%, warna oranye terang menandakan kapasitas daya 25% hingga 49%, warna merah tanda jika daya kurang dari 25%

Cara menggunakan VoiceOver pada generasi ke 4

● Pakai headphone kemudian pasang pada iPod jenis shuffle.
● Lepaskan iPod dari kabel USB.
● Tekan tombol VoiceOver sebanyak dua kali. Lewat headphone, VoiceOver akan mengumumkan perkiraan mengenai daya baterai.

2. Generasi ke-3

Cara memeriksa daya baterai yang ada pada generasi ke 3 adalah dengan melihat lampu status atau juga bisa gunakan VoiceOver. Memeriksa lampu status generasi ke 3 warna hijau berarti daya berkapasitas 50% – 100%, warna orange kapasitas daya pada rentang 25% – 49%, warna merah: daya iPod kurang dari 25%, berkedip merah daya iPod kurang dari 1%.

Sedangkan berkedip warna orange dapat diartikan perangkat diselaraskan pada iTunes atau sedang dipakai sebagai disk. Jika lampu status tidak menyala daya yang ada di Ipod sudah habis atau perangkat sedang dimatikan.

Cara melihat daya baterai menggunakan VoiceOver yakni dengan mengenakan headphone dan pasangkan ke iPod. Jika sudah lepaskan iPod dari berbagai kabel USB. Matikan perangkat, dan hidupkan kembali secara cepat. Melalui headphone, Anda pun akan mendengar VoiceOver akan mengumumkan perkiraan dari daya baterai.

Ketika pemutaran berlangsung, Voice Over secara otomatis akan mengumumkan jika daya baterai sudah mencapai 10%. Apabila iPod akan mati disebabkan karena daya baterai benar-benar sudah hampir habis, Anda pun akan mendengar bunyi dari lonceng sebanyak tiga kali.

3. Generasi ke-2

Ada dua cara yang dapat digunakan untuk memeriksa daya baterai. Jika perangkat sudah dihidupkan, Anda pun bisa memeriksa daya baterai tanpa harus menghentikan pemutaran. Matikan serta nyalakan kembali perangkat secara cepat, kemudian periksa warna dari lampu status. Lihat lampu status jika Anda telah memutuskan sambungan. Berikut makna lampu status:

● Hijau kapasitas daya 31% – 100%
● Orange kapasitas 10% – 30%
● Merah kapasitas kurang dari 10%
● Tidak menyala berarti daya habis
● Sekali berkedip hijau kemudian diikuti dua kali berkedip orange 10 detik: Perangkat harus dipulihkan karena adanya kesalahan

4. Generasi ke-1

Jika Anda akan memeriksa daya yang ada pada baterai, maka bisa menekan tombol status pada baterai kemudian lihat warna di lampu status. Berikut merupakan makna lampu: Hijau berarti daya penuh, Oranye berarti daya hampir habis, warna merah daya benar-benar mau habis, dan jika lampu tidak menyala maka daya habis, berkedip oranye diartikan jika perangkat sedang dipakai sebagai disk.

Bagaimana cukup mudah bukan melihat daya baterai yang ada pada iPod Shuffle berdasarkan generasinya. Ada dua cara yang bisa digunakan yakni dengan lampu status atau dengan voice over, Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang ada di atas.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *