Agar Awet, Ikuti 6 Tips Ini Saat Beli Powerbank Terbaik untuk Ponsel

Agar Awet, Ikuti 6 Tips Ini Saat Beli Powerbank Terbaik untuk Ponsel

Salah satu kelemahan smartphone atau ponsel pintar adalah baterainya yang terbilang tak begitu awet. Makanya, sebagian besar pemilik smartphone pasti memiliki powerbank, agar bisa mengisi baterai langsung jika sewaktu-waktu dayanya habis. Bagi Anda yang dalam waktu dekat berencana membeli powerbank, bisa ikuti 6 tips berikut untuk mendapatkan powerbank terbaik.

1. Beli Powerbank yang Diproduksi oleh Brand Terpercaya

Kualitas sebuah brand bisa Anda jadikan pertimbangan saat akan membeli powerbank. Belilah powerbank yang memang diproduksi oleh merek terpercaya dan sudah terbukti kualitasnya. Anda bisa browsing terlebih dahulu di internet, untuk mengetahui apa saja brand yang sudah diakui kualitasnya dalam memproduksi powerbank.

2. Pilihlah Powerbank dengan Baterai Li-Polymer

Ada dua jenis baterai yang umumnya digunakan dalam power bank, lithium ion (Li-ion) dan lithium polymer (Li-po). Dari dua jenis baterai ini, baterai Li-po memang lebih mahal dibandingkan dengan baterai Li-ion. Namun, jika dilihat dari segi keawetan, powerbank dengan baterai Li-po jauh lebih unggul.
Baterai Li-po jauh lebih stabil dayanya dibandingkan dengan baterai Li-ion. Baterai ini pun tidak mudah mengalami kebocoran elektrolit, sehingga membuatnya lebih awet dan tahan lama. Tentu akan lebih menguntungkan bukan, keluar dana lebih banyak di awal namun bisa lebih tahan lama digunakan?

3. Beli Powerbank dengan Kapasitas Dua Kali Lebih Banyak

Jika ingin membeli powerbank, Anda juga harus mempertimbangkan kapasitas yang dimiliki oleh powerbank tersebut. Power bank terbaik untuk ponsel adalah yang memiliki kapasitas dua kali lebih banyak dibandingkan dengan baterai ponsel itu sendiri. Jika misalnya kapasitas baterai ponsel adalah 5000 mAh, belilah powerbank dengan daya sebesar 10000 mAh.

Mengapa harus dua kali lebih banyak dayanya dibandingkan dengan baterai ponsel itu sendiri? Ini dimaksudkan agar setelah pengisian pertama, masih akan ada banyak daya yang tersisa untuk selanjutnya digunakan kembali. Dengan begini, Anda pun tak perlu sering kali melakukan isi ulang pada powerbank tersebut, karena masih banyak daya yang tersisa.

4. Sesuaikan Arus Daya Powerbank dengan Ponsel Anda

Agar tak terjadi kerusakan pada ponsel Anda, sesuaikanlah arus daya powerbank dengan ponsel tersebut. Arus daya yang berbeda dapat meningkatkan risiko kebocoran pada baterai ponsel Anda. Besaran daya ini bisa Anda lihat di permukaan powerbank, yang ditandai dengan simbol A untuk ampere. Anda juga bisa pilih powerbank dengan dua pilihan besaran daya.

5. Pastikan Powerbank Telah Terstandarisasi

Salah satu tanda powerbank terjamin kualitasnya adalah telah dilakukan standarisasi atas powerbank tersebut. Nah, powerbank sudah terstandarisasi bisa dilihat dari adanya sertifikasi dari CE (European Standard) dan FCC (US Federal Communications Commission). Tanpa adanya sertifikasi ini, kualitas powerbank patut dipertanyakan dan bisa berdampak buruk pada ponsel.

6. Tersedianya Garansi atas Powerbank Tersebut

Kualitas sebuah powerbank juga bisa dilihat dari garansi yang diberikan atas powerbank tersebut. Adanya garansi menunjukkan bahwa brand yang memproduksinya percaya penuh atas kualitas produknya dan kemungkinan adanya kerusakan sangat kecil. Dengan adanya garansi ini juga, Anda bisa mengajukan klaim jika sekiranya ada kerusakan di awal pembelian power bank tersebut.

Itulah tadi 6 tips yang bisa Anda pedomani saat memilih powerbank terbaik untuk ponsel Anda. Powerbank yang berkualitas akan bisa tahan lama digunakan, serta tak akan menyebabkan kerusakan pada ponsel Anda. Anda bisa dengan mudah menemukan beragam pilihan powerbank ini dengan mengunjungi toko jual beli online lengkap seperti Blibli.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *